12 JENIS BAHAN-BAHAN KAIN UNTUK JAKET YANG KAMI PRODUKSI

17 November 2019| Super Administrator| Tags:

Memilih bahan kain untuk jaket yang cocok sangatlah penting khususnya bagi Anda yang ingin membuat jaket sendiri, karena salah dalam pemilihan bahan, mempengaruhi dari hasil kwalitas jaket, alhasil jaket yang anda pakai tidak sesuai dengan keingian. Banyak sekali macam-macam bahan jaket yang ada di pasaraan, dan fungsinya pun juga berbeda-beda.

Contoh saja kain berbahan fleece, model kain ini memiliki tekstur lembut dan halus. Biasanya jaket menggunakan bahan fleece ini sangat cocok digunakan saat musim dingin, karena bias menghangatkan badan. Berdeda dengan jaket berbahan parasut, bahan ini cukup kaku, tetapi terlihat eksklusif saat di pakai. Manfaat jaket parasut ini sangat cocok kalau dipakai saat berkendara, karena kedap angin.

Nah, berikut ini kami paparkan untuk Anda yang mau membuat jaket dikonveksi kami. Daftar jenis bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan jaket. Bagi anda yang bingung memilih bahan yang tepat untuk membuat jaket, anda bisa membaca artikel kami berikut.

Untuk konsultasi masalah bahan bisa anda kontak Admin kami.

  

KLIK

DAFTAR BAHAN-BAHAN JAKET :

  1. BAHAN FLEECE
  2. BAHAN TASLAN
  3. BAHAN DIADORA
  4. BAHAN LOTTO
  5. BAHAN ADIDAS
  6. BAHAN BABY TERRY
  7. BAHAN KATUN TWILL
  8. BAHAN DRILL
  9. BAHAN KANVAS
  10. BAHAN DENIM/JEANS
  11. BAHAN TERRY
  12. BAHAN RIPSTOP

 

  1. BAHAN FLEECE

Jenis bahan fleece umumnya terbuat dari campuran cotton dan wool. Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut dan bersifat menyerap air (hidrofobik). Sifat bahan ini adalah empuk, halus dan hangat. Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat. Karena itulah jaket yang memakai bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik. Cocok bagi mereka yang berada diwilayah cukup dingin. Bahan fleece bisa digunakan untuk membuat jaket hoodie, jaket varsity, dan sweater.

Bahan fleece ini tersedia dalam beberapa jenis, setiap jenis bahan fleece mempunyai komponen bahan kain dan karakteristik berbeda juga.

A. Cotton fleece

Jenis fleece ini memiliki warna yang lebih cerah dan lebih ringan dibandingkan jenis bahan fleece lain. Bahan kain ini memiliki konsentrasi katun lebih banyak dibandingkan polyesternya.

B. Polar fleece

Terbuat dari campuran polyester, katun, viscose dan serat sintetik lainnya.

C. Polyester fleece

Mengandung polyester yang cukup banyak sehingga memiliki tekstur lebih kaku dan tampilan lebih mengkilap dibandingkan dengan cotton fleece.

D. CVC fleece

Terdiri dari 55% cotton combed dan 45% viscose. Tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa dan menyerap keringat.

 

  1. BAHAN TASLAN

Bahan taslan merupakan bahan kain yang sangat popular dan bahan yang terkenal cukup eksklusive untuk dijadikan jaket karena sifatnya anti ari/waterproof (walaupun tidak semua jenis bahan taslan bersifat anti ari). Jenis bahan taslan ini ada beberapa macam yaitu taslan salur, taslan korea, dan taslan lokal. Sepintas bahan taslan mirip dengan bahan parasut, tapi jenis bahannya lebih tebal, lembut, ringat dan kuat dibandingkan dengan bahan parasut. Bahan taslan ini biasanya digunakan untuk jaket motor, jaket varsity, rompi, parka atau jaket keperluan outdoor lainnya. Jenis kain ini selain anti ari, bahan taslan juga tidak mudah ditembus angin.

  1. BAHAN DIADORA

Bahan diadora adalah bahan yang sering digunakan untuk jaket yang bernuasa sport. Bahan ini agak terlihat mengkilat dan agak lebih tebal dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk jaket sport. Bahan ini disebut diadora kerana bahan ini meniru dari merek terkenal diadora (perusahaan sport internasional), sehingga disebut oleh orang Indonesia bahan diadora. Bahan diadora ini biasaya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

  1. BAHAN LOTTO

Bahan lotto adalah bahan yang terlihat agak mengkilat hampir sama dengan bahan diadora namun lebih tipis dari bahan diadora, bahan lotto memiliki kain yang halus, lembut dan juga lentur sehingga nyaman dipakai untuk berolahraga atau aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat. Bahan lotto ini hampir sama seperti jenis kain brand terkenal yaitu diadora dan Adidas yang memang di desain khusus untuk membuat pakaian olahraga. Bahan ini sering digunakan untuk bahan sweater atau jenis pakaian berbau sport. Sehingga pakaian olahraga dengan kain lotto terlihat sangat sporty dan elegan.

  1. BAHAN ADIDAS

Ketika mendengar kata Adidas hal apa yang pertama kali terlintas dalama benak anda?

Sebagai dari teman-teman pasti terbayang akan perusahaan multinasional jerman yang mendesain dan memproduksi pakaian olahraga dan aksesoris berbasis di Herzogenaurach, Bavaria, jerman. Tapi kali ini kita akan membahas bahan kain Adidas. Bahan ini bisasanya lebih banyak digunakan untuk membuat kaos, sweater, jaket dan pakaian olahraga yang bertema sporty. Kain Adidas memiliki tekstur sedikit tebal, permukaan bagian depannya halus, dan bagian dalamnya tidak berbulu. Selain terbilan cukup elastis dan cenderung hangat, ketika dipakai, kain ini juga memiliki daya serap keringat yang baik meskipun hanya sedikit.

  1. BAHAN BABY TERRY

Sudah tahukah anda apa sih bahan baby terry tersebut? Bahan baby terry merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian hangat seperti jaket, sweater dan lain-lain.

Bahan ini dibuat dari serat kapas dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian hangat. Bahan ini memiliki tekstur sangat lembut dan juga halus, namun tidak berbulu, tetap nyaman dan ringan saat dipakai, memiliki daya serap yang tinggi namun tidak memberikan kesan panas, meskipun bisa memberikan rasa hangat saat dikenakan, bahan ini tidak akan membuat pemakainya merasa gerah dan bagain dalam lembut seperti selimut.

  1. BAHAN KATUN TWILL

Bahan ini sebenarnya masih dalam kategori kain katun. Biasanya bahan twill ini juga disebut katun twill. Kalau katun jepang, tentu anda sudah tidak asing bukan? Nah, kalau katun twill ini sebenarnya tetangga dari katun jepang. Namun lain dari bahan twill ini adalah katun cina. Secara kwalitas, bahan katun twill atau katun cina ini juga tidak beda jauh dengan katun jepang. Apabila dilihat secara sekilat, kain ini Nampak memiliki pori yang besar, padahal sebenarnya juga tebal, meskipun tidak setebal katun jepang. Selain itu, kain ini juga cocok dipakai sebagai bahan jaket lapangan atau kantor, kemeja lapangan hingga celana dengan bentuk kargo, lalu apa saja sih sebenarnya karakteristik, kelebihan dari bahan twill ini? Karakteristik bahan twill berbeda dengan kain lainnya. Bagitu juga dengan bahan twill ini. Ia memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan kain lainnya, yaitu permukaan diagonal maksudnya bahan ini memiliki permukaan yang diagonal sebagaimana kain drill. Dingin dan nyaman, tekstur tipis, warna kurang mencolok, kuat dan tahan lama, perawatan yang mudah, menyerap keringat, kasar tapi lembut. Untuk kelebihan dari kain ini adalah lentur, warna yang tidak mudah pudar, daya serap keringat yang lumayan, adem, nyaman dan kuat serta tahan lama.

  1. BAHAN DRILL

Bahan drill biasanya digunakan sebagai jaket-jaket yang menyerap keringat, sifatnya halus dan dingin kalau dipakai. Bahan ini cukup cocok untuk jaket pengendara sepeda motor yang tidak ingin kepanasan dan sekedar menghindari kulit menjadi hitam. Namun bahan drill ini bisa juga dijadikan jaket untuk komunitas, kelompok atau peguyuban. Ada bermacam jenis bahan drill yang beredar di pasaran, diantaranya adalah American drill, japan drill, taipan drill, dan drill jenis lain dengan nama yang berbeda-beda.

  1. BAHAN KANVAS

Bahan kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Banyak jaket-jaket distro menggunakan bahan ini. Kanvas pun bermacam-macam jenisnya, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau materialnya ringan dan mudah menempel pada bahan kanvas.

  1. BAHAN DENIM/JEANS

 

Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan celana jeans. Akan tetapi sekarang sudah banyak juga yang memanfaatkannya untuk dibuat jaket, rompi, topi, atau blazer. Coraknya yang cukup unik membuat jenis bahan ini disukai banyak orang. Teksturnya pun bervariasi, ada yang lembut dan ada yang kasar, tidak terlalu lentur, dan kuat.

  1. BAHAN RIPSTOP

Bahan ripstop adalah kain tenun yang terbuat dari benang nilon, menggunakan teknik khusus untuk memperkuat ketahanan kain terhadap resiko robek maupun merobek dengan sendirinya. Jadi begini, mungkin diantara teman- teman pernah mengalaminya sendiri sebagaimana kain biasanya ketika terkena benda tajam dan robek dibagian tertentu, maka lambat laun robeknya akan membesar dan terus membesar, maka inilah yang dilakukkan oleh bahan ripstop, dia memberikan solusi untuk masalah seperti itu. Dalam proses tenun, ketebalan benang dan penguatan terjalin sedemikian rupa, sehingga membuat pola crosshatch. Biasanya memiliki interval 5-8 milimeter. Ripstop memiliki struktur kain yang tipis dan ringan dengan ciri khas pola 3 dimensi. Kelebiahan dari kain ini adalah kuat, ringan, tidak mudah menyebarkan air/ tahan terhadap air, dan tidak mudah melebarkan robekan/ tahan terhadap benda tajam. Macam-macam bahan Ripstop adalah kapas, sutra, polyester, plypropylene, nilon. Bahan ini sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan seragam tentara, ransel, tas sekolah, tas koper, tas militer, tas pendaki, sepatu convers, topi, jaket, hammock dan lain-lain.

Tinggalkan Komentar

 

TUNGGU APALAGI ?

Segera hubungi Kumaha Konveksi | Vendor Konveksi Terbaik dan dapatkan penawaran menarik,
Kami memberikan kualitas dan harga terbaik untuj anda.

Hubungi Kami
ORDER VIA WHATSAPP
KATALOG INSTAGRAM